Nama : Bagas Bayu Aji
Kelas
/ NPM : 4EA12 / 11214957
Pendahuluan
Saat ini sedang
maraknya situs jual beli online dimana pembeli tidak perlu melakukan pembelian
secara langsung. Pembeli hanya saja melakukan pembeian melalui situs online
dengan cara mendownload aplikas diwebside. Pembeli juga tidak perlu membuang
waktu karena dengan beli online bisa lebih efisen bisa dilakukan dirumah mupun
dimana saja. Hal ini sangat mempermudah konsumen untuk melakukan pembelian
online.
Untuk yang belum
mempunyai aplikasi situs beli online bisa mendownload di appstore dengan cara
menulis keyword, setelah didownload lakukan registras terlebih dahulu supaya
mempermudah untuk melakukan pencarian produk maupun pembelia.
Analisis
kasus
Saya pernah melakukan
pembelian online di salah satu webside online shopee. Dimana saya pernah
membeli salah satu produk yang tersedia di shoppe setelah saya lihat lihat
kualitas barang tersebut bagus dan saya melakukan pemesanan dan setelah saya
melakukan pemesana dan pembayaran ternyata saya liat review banyak yang
mengecewakan awalnya saya masih positif thinking dan setelah barang sampai
ternyata benar mengecewakan. Disi saya merasa sangat dikecewakan oleh penjual
karena tidak sesuai informasi yang tersedia.
Teori
Setiap manusia pasti pernah melakukan
komunikasi, keberhasilan komunikasi ditentukan oleh kecakapan seseorang ataupun
kelompoknya apakah pesan yang disampaikan diterima dengan baik oleh sipenerima
pesan atau tidak. Ada 7 aspek yang menyebabkan komunikasi dapat terjadi , yaitu
:
1.
Adanya Manusia
2.
Adanya Pesan
3.
Saluran
4.
Ganggua
5.
Konteks
6.
Umpan Balik
7.
Pengaruh
Proses Komunikasi,
Menurut Bovee dan Thill (2006:8), proses komunikasi terdiri dari 6 (enam)
tahap, yaitu:
1.
Pengirim mempunyai suatu ide atau gagasan.
Sebelum proses
penyampaian pesan dapat dilakukan, maka pengirim pesan (sender) harus menyiapkan ide atau gagasan apa yang
ingin disampaikan kepada pihak lain atau receiver.
2.
Pengirim mengubah ide menjadi suatu pesan .
Dalam suatu proses komunikasi, tidak
semua ide dapat diterima atau dimengerti dengan sempurna. proses komunikasi
dimulai dengan adanya ide dalam pikiran, yang lalu diubah kedalam bentuk pesan,
pesan seperti dalam bentuk kata-kata, ekspresi wajah, dan sejenisnya, untuk
kemudian dipindahkan kepada orang lain.
3.
Pengirim menyampaikan pesan.
Setelah mengubah ide-ide ke dalam suatu
pesan, tahap berikutnya adalah memindahkan atau menyampaikan pesan melalui
berbagai saluran yang ada kepada si penerima pasan. Rantai saluran komunikasi
yang digunakan untuk menyampaikan pesan terkadang relatif pendek, namun ada
juga yang cukup panjang. Panjang pendeknya rantai saluran komunikasi yang
digunakan akan berpengaruh terhadap efektifitas penyampaian pesan.
4.
Penerima menerima pesan .
Komunikasi antara seseorang dengan orang
lain akan terjadi, bila pengirim mengirimkan suatu pesan dan penerima menerima
pesan tersebut. Jika seseorang mengirim sepucuk surat, komunikasi baru bisa
terjalin bila penerima surat telah membaca dan memahami isinya.
5.
Penerima menafsirkan pesan .
Setelah penerima menerima suatu pesan,
tahap berikutnya adalah bagaimana ia dapat menafsirkan pesan. Suatu pesan yang
disampaikan pengirim harus mudah dimengerti dan tersimpan didalam benak
pikiran si penerima pesan. Selanjutnya, suatu pesan baru dapat ditafsirkan
secara benar bila penerima pasan telah memahami isi pesan sebagaiman yang
dimaksud oleh pemgirim pesan.
6.
Penerima memberi tanggapan dan mengirim umpan balik
Kepada pengirim Umpan
balik (feedback) adalah penghubung akhir dalam suatu mata
rantai komunikasi, Ia merupakan tanggapan penerima pesan yang memungkinkan
pengirim untuk menilai efektivitas suatu pesan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar